Selasa, 31 Januari 2012

Keuntungan Koperasi

2.     Keuntungan koperasi
Secara teoritis sumber kekuatan adalah koperasi sebagai  badan usaha dalam konteks kehidupan  perekonomian. Kehematan-kehematan yang dapat menjadi sumber kekuatan koperasi memang tidak   terbatas   pada  nilai  ekonomis  nya   semata.  Kekuatan   itu  juga  dapat bersumber dari faktor non-ekonomis yang menjadi factor   berpengaruh   secara tidak langsung terhadap kegiatan ekonomi anggota masyarakat dan badan usaha koperasi. manfaat koperasi ini juga selalu berkaitan dengan keuntungan yang bersifat ekonomi dan sosial. Karena koperasi selain memberikan kemanfaatan ekonomi juga mempunyai perhatian dan kepedulian terhadap aspek sosial seperti pendidikan, suasana sosial kemasyarakatan, lingkungan hidup, dan lain-lain. Dalam hal ini koperasi mempunyai kekuatan yang lain karena koperasi dapat memberikan kemungkinan pengenalan teknologi baru melalui kehematan dengan mendapatkan informasi yang langsung dan tersedia bagi setiap anggota yang memerlukannya.Kesemuanya itu dilihat dalam kerangka peranan koperasi secara otonom bagi setiap individu anggotanya yang telah memutuskan menjadi anggota koperasi. Dengan demikian sepanjang koperasi dapat menghasilkan kemanfaatan tersebut bagi anggotanya maka akan mendorong orang untuk berkoperasi karena dinilai bermanfaat.

Keuntungan Koperasi bagi Anggotanya(secara keuangan)

  1. Bagi hasil sesuai dengan usaha yang telah dilakukan oleh anggota.
  2. Anggota dapat meminjam dana untuk modal modal usaha dan mengembalikan sesuai dengan     kemampuan mereka sampai seluruh hutang terbayarkan.
  3. Menawarkan barang dan jasa dengan harga yang lebih murah. Barang dan jasa yang ditawarkan oleh koperasi lebih murah dari yang ditawarkan di toko-toko. Hal ini bertujuan agar barang dan jasa mampu dibeli para anggota koperasi yang kurang mampu.
  4. Anggota tidak diberatkan dengan sistem bunga seperti pinjaman pada bank komersil.
  5. Anggota koperasi akan memiliki jaringan yang luas untuk mengembangkan usaha mereka
  6.  Biaya transaksi yang ditimbulkan apabila anggota menggunakan koperasi          dalam   melakukan kegiatan usahanya juga perlu  lebih kecil   jika   dibandingkan dengan tanpa koperasi.
  7.  Membangun dan mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggotanya
  8. Anggota dapat meningkatkan batas pinjaman yang dapat diberikan, apabila pada pinjaman sebelumnya anggota dapat melunasi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama.

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar